Motif-motif Batik Untuk Acara Khusus


      Motif-motif batik yang digunakan untuk acara-acara khusus

  1. Motif Sido Mukti digunakan oleh pengantin wanita dan pria pada saat acara pernikahan. Ragam hias ini dinamakan Kembaran (sepasang). Sido berarti terus menerus, sedangkan mukti artinya hidup dalam berkecukupan dan kebahagiaan. Maka dapat disimpulkan bahwa motif ini melambangkan harapan masa depan yang baik, penuh kebahagiaan yang kekal untuk kedua mempelai.

 2. Motif Ratu Ratih, melambangkan kesetiaan seorang istri. Motif ini juga digunakan oleh pasangan pengantin pada saat perenikahan. Adapun para orang tua pengantin  menggunakan motif truntum. Truntum artinya menuntun. memiliki simbol yang berartiu para orang tua berniat menuntun kedua mempelai memasuki baru berumah tangga.

3. Motif Soblog, artinya longgar.

Batik motif ini digunakan pada saat melayat. dengan tujuan agar yang meninggal  dunia diterima di sisi Tuhan dengan tenang dan keluarga yang ditinggalkan dapat menerima cobaan dengan ikhlas dan sabar

4. Batik Motif Truntum artinya menuntun.

Batik motif ini digunakan sepasang orang tua pengantin ketika melakukan hajatan pernikahan. Trntum memiliki simbol yang berarti para orang tua berniat menuntun kedua mempelai memasuki hidup baru berumah tangga.