Batik, Solo, dan Perkembangannya

Solo dan batik adalah dua dimensi yang tak bisa dipisahkan, dan merupakan dua sisi mata uang yang saling memberi manfaat. Sejarah panjang batik Nussantara tidak bisa dilepaskan dari peran serta  Kota Solo sehingga kota ini dijuluki “The Spirit of Java”. Brand image yang disandangnya menjadikan kota Solo memmiliki konsekuensi tidak ringan dalam perannya mengembangkan budaya batik Nusantara. Kota ini memiliki sejumlah sentra kerajinan batik, salah satunya di Kampung Laweyan.

Apabila ingin mengetahui referensi tentang motif batik, di sana ada Museum Batik Danar Hadi yang banyak menyimpan puluhan koleksi kain batik yang bisa memberikan pertimbangan motif yang diinginkan. D sana tersimpan  seribu  motif batik dari buatan tahun 1800 sampai motif kontemporer atau modern. Museum tersebut milik Bapak H. Santosa, generasi keempat dari pendahulunya yang merupakan kakek buyut, kakek, dan ayah dari istri Hj. Santosa.

Sejarah batik awalnya diperkenalkan oleh Bangsa Belanda, meskipun bangsa Cina lebih dulu masuk ke Nusantara melalui pantura Jawa. Kemudian perkembangan batik dipengaruhi oleh corak kebudayaan Eropa (Belanda). Di Jawa terdapat dua macam motif batik berdasarkan daerah pembuatnya, yaitu batik pesisiran dan batik pedalaman. Batik pesisiran adalah bati dari daerah pantura Jawa. Sedangkan batik pedalaman berasal dari wilayah selatan

Solo Batik Fashion 2011Batik merupakan karya cipta manusia yang memerlukan keterampilan dan keahlian tertentu. Batik sebagai hasil karya intelekstual yang sudah mendapatkan perlindungan hukum sebagai diatur dalam Pasal 12 Ayat (1) Huruf I UU Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. UNESCO pada 2 Oktober 2009 telah menetapkan batik sebagai warisan dunia yang berasal dari Indonesia. Pengakuan secara Internasional tersebutmembawa dampak positif bagi bangsa Indonesia dan perkembangan batik pada umumnya, sehingga makin menguatkan legitimasi batik sebagai hasil karya bangsa Indonsia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s