Berbagai Macam Teknik Membatik

Ada beberapa teknik membatik berdasarkan penggunaan alat :

 membatik dengan canting tulis

  1. Teknik Canting Tulis, adadlah teknik membatik dengan menggunakan alat yang disebut canting. Canting terbuat dari tembaga ringan yang berbentuk seperti teko kecil dengan corong di ujngnya. Canting berfungsi untuk menorehkan cairan malam / lilin pada pola. Saat kain dimasukkan ke dalam larutan pewarna, bagian yang tertutup malam tidak terkena warna. Membatik dengan canting tulis sepeti ini disebut teknik membatik traisional (.)

hasil dari batik celup yang dituangkan dalam busana kaos

2. Teknik Celup Ikat, merupakan pembuatan motif pada kain dengan cara mengikat sebagian kain, kemudian kain dicelupkan ke dalam larutan pewarna. Bagian kaian yang diikat atau ditutup lilin tidak akan terkena bahan pewarna. Setelah diangkat dari larutan pewarna kemudian  ikatan dibuka maka bagian yang diikat tidak berwarna. Bagian tersebut tetap berwarna putih. Motif inilah yang disebut motif dalam bentuk negatif atau klise (.)

membuat batik  dengan teknik cap

3. Teknik Printing atau cap merupakan cara pembuatan motif batik menggunakan canting cap. Canting cap merupakan kepingan logam atau pelat berisi gambar yanng agak menonjol. Permukaan ccanting cacp yang menonjol dicelupkan ke dalam cairan malam (lilin batik). Selanjutnya canting cap dicapkan pada kain /mori. Canting cap akan meninggalkan motif. Motif inilah yanng disebut klise. Canting cap membuat proses pemalaman lebih cepat. Oleh karena itu, teknik printing dapat menghasilkan kain batik yang lebih benyak dalam waktu yang lebih singkat (.)

membuat batik dengan teknik Coletan

4. Teknik Colet, yaitu motif batik yang dihasilkan dengan teknik colet tidak berupa klise. Teknik colet disebut juga teknik lukis, yaitu cara mewarnai pola batik dengan  mengoleskan cat atau pewarna pada kain jenis tertentu pada pola batik dengan alat khusus atau dengan kuas (.)

2. Batik printing adalah tekstil yang bermotif batik bikinan pabrikan

batik printing biasanya bercorak warna terang dan menyolok terkesan tidak mudah luntur, warnanya kontras, kombinasi warna yang dipakai sangat cocok.

About these ads

6 thoughts on “Berbagai Macam Teknik Membatik

  1. cara membuat batik sangatlah tidak gampang seperti apa yang kita bayangkan, proses batik yang bagus sungguh lama.. maka dari itu, kita sebagai penerus bangsa indonesia harus bangga dan menjaga budaya batik tersebut agar tetap lestari dan tidak jatuh pada kebudayaan negara lain lagi.

  2. ada beberapa tahapan dalam proses membatik, membuat pola, peletakan lilin menggunakan canting tulis atau canting cap dilanjutkan dengan pewarnaan colet atau celup, kemudian tahap pengeringan, dan pelorotan (menghilangkan malam/lilin) itu pun harus membutuhkan ketelitian agar hasilnya maksimal dan bagus apresiasi buat “Kain Madura” jika membutuhkan kain batik asli Pekalongan bisa kontak person : 085869178752

  3. bila kurang lengkap silahkan datang berkunjung ke museum Batik Pekalongan di sana akan dilatih membatik dari awal sampai proses selesai gratis…….makasih kunjungannya Batik Solo Hadiningrat…..tetap semangat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s